Book Now

PERSONAL DETAIL

Salutation *

First Name *

Last Name *

Contact Number *

Email *

 

ACCOMODATION

Type of Room *

Arrival Date *

Departure Date *

Flexible Dates?

No. of Adults *

No. of Children

Children's Age

 

How did you hear about us?

Remarks

 

Tenun Ikat Oleh-Oleh Wajib Dari Maumere

Tenun Ikat Oleh-Oleh Wajib Dari Maumere

Tenun ikat menjadi salah satu oleh-oleh wajib yang perlu dimiliki saat berkunjung ke Maumere (©Capa Resort Maumere)

Keindahan panorama gugusan pulau dan hamparan bukit serta laut Maumere membuat mata para wisatawan benar-benar tersihir. Sayang sekali bila berkunjung ke kota ini tidak membeli cinderamata khasnya. Berkunjunglah ke Pasar Geliting yang tak jauh letaknya dari kota untuk membeli kain tenun ikat khas Maumere. Suku Sikka masih aktif membuat kain tenun indah dan dipasarkan untuk para wisatawan. Salah satu tempat untuk menenun memiliki jarak sekitar 18 km dari pusat Kota Maumere.
Apa saja yang membuat kain tenun ikat ini tampak begitu istimewa? Berikut ulasan lengkapnya.

Terbuat dari Bahan Alami

Proses pembuatan kain tenun ini tidaklah mudah dan memakan waktu cukup lama. Satu kain tenun setidaknya membutuhkan waktu satu bulan untuk menyelesaikannya. Bahkan, kain tenun yang siap pakai membutuhkan waktu 8 bulan untuk pengerjaannya. Pembuatan kain tenun ini diawali dengan pewarnaan benang. Yang menjadikan oleh-oleh khas Maumere ini unik adalah bahan pewarna alami yang digunakan, sehingga kain tenun ikat ini bebas dari bahan kimia.

Warna Yang Menarik

Salah satu hal yang membuat kain ikat tenun Maumere ini banyak diminati oleh para wisatawan adalah warnanya. Biasanya, warna yang digunakan adalah kuning, merah, biru dan juga cokelat. Warna kuning yang pada kain dikarenakan kunyit sebagai pewarna alaminya. Sedangkan warna biru berasal dari daun nila, warna merah berasal dari akar mengkudu dan cokelat dari batang kakao. Pewarnaan yang alami ini, membuat oleh-oleh khas Maumere memiliki daya jual yang tinggi.

Tenun ikat menjadi salah satu oleh-oleh wajib yang perlu dimiliki saat berkunjung ke Maumere (©Capa Resort Maumere)

Tenun ikat menjadi salah satu oleh-oleh wajib yang perlu dimiliki saat berkunjung ke Maumere (©Capa Resort Maumere)


Motif Simpel dan Indah

Kain tenun tentu tak luput dari adanya motif, begitu pula dengan kain tenun ikat khas Maumere satu ini. Ada dua jenis motif yang pada kain, yaitu motif tradisional dan modern. Motif tradisional adalah motif yang kental dengan budaya animisme dan dinamisme. Sedangkan motif modern memiliki tambahan motif disertai dengan tingkat ketebalannya. Keindahan motifnya menjadi identitas dari daerah asal pembuatan.

Harga Terjangkau

Meski dibuat dengan tangan, tingkat kesulitan yang tinggi dan pembuatan yang lama, kain tenun ikat Maumere dijual dengan harga terjangkau. Kepada para pembeli diharapkan untuk bisa menawar harga hingga ke titik minimum kepada para pedagang. Biasanya, kain tenun ikat dengan harga terjangkau ada di Pasar Geliting.

Berlibur memang kurang lengkap bila tidak membeli oleh-oleh khas kotanya. Agar kegiatan berbelanja selama berwisata di Maumere tidak repot, pilihlah penginapan yang dekat dengan aneka pusat perbelanjaan yang menjual oleh-oleh. CAPA Resort Maumere merupakan hotel yang dekat dengan tempat wisata dan perbelanjaan. Dengan properti menakjubkan, fasilitas lengkap, seperti kolam renang sambil menikmati panorama gugusan pulau dan laut dari atas, buat liburan semakin perfect. Travelling seru, dan istirahat menjadi nyaman dengan menikmati kemewahan hotel yang tak jauh letaknya dari Bandara Frans Seda ini. (kln/it/ind)

Komentar anda: