Book Now

PERSONAL DETAIL

Salutation *

First Name *

Last Name *

Contact Number *

Email *

 

ACCOMODATION

Type of Room *

Arrival Date *

Departure Date *

Flexible Dates?

No. of Adults *

No. of Children

Children's Age

 

How did you hear about us?

Remarks

 

Maumere, Tanah Pariwisata di Ujung Timur Nusa Tenggara

Maumere, Tanah Pariwisata di Ujung Timur Nusa Tenggara

Sunset Pantai Waiara (© CAPA Resort Maumere)

Maumere adalah nama yang cukup populer sebagai kawasan yang mayoritas penduduknya adalah pemeluk Agama Nasrani. Letaknya ada di Pulau Flores dan menjadi ibu kota Kabupaten Sikka di Nusa Tenggara Timur. Keindahan alamnya masih terjaga, begitu juga dengan tradisi dan budaya masyarakat setempat. Bagi sebagian orang, Maumere adalah tempat untuk melakukan wisata rohani. Namun selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan dan keanggunan adat-istiadat Maumere.

Misalnya saja pantai-pantai yang memiliki hamparan pasir putih bersanding dengan lautan, sungguh sebuah pemandangan alam yang begitu mengagumkan. Dijamin, kamu akan langsung terhipnotis dengan kecantikan alam Maumere, jika melihatnya secara langsung dengan mata kepala sendiri. Untuk sampai di Maumere kamu bisa menggunakan pesawat dari Denpasar, Bali dengan waktu tempuh mencapai 2 jam. Sedangkan dari Kupang hanya membutuhkan waktu selama 1 jam saja.

Jika ingin yang lebih seru dengan mengarungi lautan, kamu bisa menyeberang menuju Labuan Bajo. Dari sana Maumere bisa ditempuh dengan kendaraan darat. Banyak kok yang menyewakan mobil atau jika ingin yang lebih mudah lagi tinggal ikut paket travel. Selama di Maumere, pastikan kamu menjamah beberapa tempat keren berikut ini ya!

1. Bukit Tanjung Kajuwulu

Tempat ini juga sering disebut dengan Bukit Salib. Sebutan tersebut diberikan karena terdapat patung salib berukuran besar. Karena keindaham Kajuwulu, masyarakat setempat juga menjuluki kawasan tersebut sebagai Taman Eden. Dalam momen tertentu, umat Nasrana akan datang ke Bukit Tanjung Kajuwulu untuk melakukan kegiatan rohani. Patung salib sendiri ada di atas puncak bukit. Dari sana kamu bisa memandang alam yang ada di sekelilingnya. Pesona pantai yang biru adalah suguhan menakjubkan yang akan memanjakan matamu.

DCIM100MEDIADJI_0070.JPG
Untuk sampai di Bukit Tanjung, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 15 km dari pusat Kota Maumere dengan waktu tempuh mencapai 2 jam. Akses jalan menuju ke sana cukup memadai kamu bisa melaju dengan lancar. Pemandangan akan lebih keren lagi saat musim penghujan, di mana rumput-rumput menghijaukan perbukitan,

2. Bukit Nilo

Bukit Nilo juga nggak kalah keren, setelah sampai di puncaknya kamu akan disuguhi dengan keindahan alam sejauh mata memandang. Banyak yang datang ke sini bukan hanya untuk menyaksikan pemandangan dari atas ketinggian, tapi juga untuk datang ke tempat di mana ada Patung Maria yang dipercaya oleh masyarakat Nasrani sebagai Bunda Segala Bangsa. Tinggi patung itu itu mencapai 28 meter di atas bangunan setinggi 18 meter. Diperkirakan, beratnya bisa mencapai 6 ton. Patung Bunda Maria di Nilo ini menjadi kebanggaan Maumere, menghadap ke arah kota dan Laut Flores.
slide-3

Jika kamu ingin melihatnya secara langsung, datang saja ke Desa Wuliwutik, Kecamatan Nita. Karena Bukit Nilo masuk dalam kawasan tersebut. Tidak ada angkutan umum untuk menuju ke Bukit, jadi kamu harus mengandalkan kendaraan pribadi atau sewa di pusat Kota Maumere. Jaraknya sebenarnya cukup dekat, namun karena medan yang sulit dan terjal waktu tempuh menuju ke sana dari Maumere bisa sampai 1 jam lebih. Sepanjang perjalanan, kamu akan melihat perbukitan yang indah dan perkebunan milik warga, di sisi jalan ada jurang-jurang yang dalam. Jadi kamu harus berhati-hati saat menuju ke Bukit Nilo.

3. Museum Blikon Blewut

Setiap tempat di muka bumi ini tidak lepas dari sejarah, semuanya memiliki jejak masa lalu yang saat ini hanya bisa dikenang dan dijadikan pelajaran. Begitu juga dengan Kabupaten Sikka Maumere, di sini kamu bisa berwisata sejarah dengan mengunjungi museum. Berbagai koleksi yang berharga dari beberapa tahun silam bisa kamu lihat. Jika kamu datang bersama keluarga, maka museum ini adalah pilihan terbaik. Karena kalian bisa belajar sambil berwisata.

Selain bisa melihatnya langsung, potret kehidupan masyarakat Maumere juga bisa dipahami secara lebih dekat di Museum Blikon Blewut (©CAPA Resort Maumere)

dibangun pada tahun 1949 dan terletak di daerah Ledalero, Kab. Sikka, dekat dengan lokasi Patung Bunda Maria di Bukit Nilo. Salah satu koleksinya yang mengagumkan adalah fosil-fosil makhluk hidup yang berasal dari ratusan ribu tahun yang lalu.

4. Pantai Paga

Pantai Paga adalah salah satu sudut terindah di Maumere, tepatnya berada di Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Agar kamu bisa melihat sendiri hamparan pasir putih dan kapal-kapal nelayan di atas lautan biru, kamu haru menempuh perjalanan sejauh 48 km dari Maumere. Lokasinya mudah ditemukan karena ada di dekat jalur yang menghubungkan Maumere dan Ende. Jadi saat kamu lelah dalam perjalanan, bisa mampir ke tempat ini untuk beristirahat sembari menikmati keindahan pantai. Kamu akan disambut dengan terpaan angin yang berhembus membawa aroma laut.

Di sepanjang perjalanan Maumere-Ende, wisatawan bisa dengan mudah menikmati indahnya Pantai Paga

Di sepanjang perjalanan Maumere-Ende, wisatawan bisa dengan mudah menikmati indahnya Pantai Paga

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Pantai Paga selain berenang, misalnya saja berburu kuliner atau membawa pulang ikan-ikan kering yang dijual oleh nelayan setempat. Kalau ingin yang lebih seru lagi, kamu bisa bermalam di sana. Tenang saja, ada resort yang terletak di dekat Pantai Paga seperti CAPA Resort Maumere. Fasilitasnya lengkap dan yang pasti menyuguhkan keindahan alam dari atas ketinggian. Kamu bisa memandang keindahan laut dan perbukitan di Flores.
Itulah beberapa tempat keren yang bisa kamu datangi untuk berwisata di Flores. Semoga informasi di atas bisa membuatmu lebih bersemangat memburu keindahan di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara.

Sumber: travelingyuk.com

Komentar anda: