Book Now

PERSONAL DETAIL

Salutation *

First Name *

Last Name *

Contact Number *

Email *

 

ACCOMODATION

Type of Room *

Arrival Date *

Departure Date *

Flexible Dates?

No. of Adults *

No. of Children

Children's Age

 

How did you hear about us?

Remarks

 

Apa Saja Yang Bisa Dibawa Pulang Dari Maumere?

Apa Saja Yang Bisa Dibawa Pulang Dari Maumere?

Kain tenun ikat, oleh-oleh yang paling diincar para turis saat berkunjung ke Maumere (©CAPA Resort Maumere)

Kota dengan sejuta keindahan berupa deretan pulau-pulau yang indah dan lautan yang terbentang luas, membuat wisata ke Maumere menjadi hal yang paling istimewa. Kota ini tak hanya menyimpan kekayaan alam yang melimpah ruah, tetapi juga suasana pedesaan yang damai dan penduduk yang ramah. Abadikan setiap momen berlibur ke berbagai tempat wisata di Maumere dengan background bentang alam yang menyejukkan mata.
Namun, berlibur ke Ibu Kota Sikka ini kurang lengkap bila tidak membeli oleh-oleh khasnya. Aneka barang hingga kuliner khas Sikka bisa ditemukan di kota ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Apa saja oleh-oleh wajib yang tak akan ditemukan di kota lainnya ini?

Kain Tenun Ikat, Kain Khas Maumere Yang Indah
Berbeda dengan kain khas daerah lain, Maumere memiliki kain tenun ikat khas yang memiliki warna serta motif menarik. Corak khas dari kain yang ditenun langsung oleh penduduk Maumere membuatnya diburu oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. Ada beberapa tempat yang menjadi sentra untuk membuat kain tenun ikat, yaitu Desa Sikka, Maumere, Lio dan Ende.

Saat musim liburan datang, desa-desa ini selalu ramai dikunjungi oleh turis yang ingin berbelanja dan melihat secara langsung pembuatan kain tenun ikat yang terbuat dari bahan-bahan alami ini. Salah satu jenis kain tenun ikat yang banyak diincar oleh para wisatawan adalah kain sarung. Meski warna yang tersedia cenderung gelap, seperti merah, hitam, bahkan cokelat, namun keindahan motifnya mampu menyihir mata para wisatawan.

Harga kain tenun ikat yang ditawarkan oleh para pedagang cukup variatif. Rata-rata satu kain tenun ikat ditawarkan dengan harga Rp. 100.000,- hingga jutaan rupiah. Tapi tenang saja, kain tenun ikat tersebut bisa ditawar hingga ke harga minimum.

Kain tenun ikat, oleh-oleh yang paling diincar para turis saat berkunjung ke Maumere (©CAPA Resort Maumere)

Kain tenun ikat, oleh-oleh yang paling diincar para turis saat berkunjung ke Maumere (©CAPA Resort Maumere)

Moke, Arak Khas Maumere Yang Tak Memabukkan
Bila Eropa memiliki minuman khasnya yaitu wine, lain halnya dengan Maumere. Kota ini memiliki minuman khas yang bisa dijadikan oleh-oleh, Moke namanya. Moke merupakan Bahasa Sikka yang berarti tua. Minuman tradisional khas Kota Maumere ini bahkan tak akan ditemui di kota lain. Moke terbuat dari hasil penyulingan buah dan bunga pohon lontar maupun enau. Proses pembuatannya masih dilakukan dengan cara tradisional, sehingga membuatnya memiliki citarasa tersendiri.

Moke memiliki varian kadar alkohol, mulai dari kadar terendah hingga tertinggi. Penduduk setempat menyebut minuman ini BM atau Bakar Menyala. Para wistawan bisa membeli Moke di Pasar Geliting dengan harga terjangkau. Alangkah lebih nikmatnya bila minuman ini dicampurkan dengan gingseng yang akan menambah tenaga dan juga kesehatan.

Gurihnya Ikan Kering Untuk Oleh-Oleh Spesial
Letak Maumere yang berdekatan dengan pantai, membuat sebagian dari penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Berbagai macam kuliner olahan laut tersedia di kota ini, mulai dari tuna, kakap merah dan putih. Para wisatawan bisa membawa pulang hasil olahan laut khas Maumere ini dalam bentuk ikan kering. Pengolahan ikan kering dilakukan oleh para nelayan dari Wuring dan Pulau Pemana. Rasanya yang gurih dan nikmat membuat oleh-oleh satu ini cocok bila dimakan dengan sambal wogi.

Setelah berbelanja aneka oleh-oleh khas Maumere, para wisatawan bisa beristirahat sejenak di sebuah hotel dengan fasilitas lengkap, CAPA Resort Maumere. Hotel ini terletak di dekat Bandara Frans Seda yang menjadi pintu gerbang udara dari Kota Maumere. Tak hanya itu, bahkan lokasinya dekat dengan pusat oleh-oleh dan wisata. Para tamu juga akan dimanjakan dengan infinity pool luas dan bathub yang menghadap langsung ke laut lepas, sehingga pemandangan sunset dan sunrise bisa dilihat dari atas. Buat liburan menyenangkan dengan berwisata dan berbelanja di Maumere. (kln/it/nin/ind)

Komentar anda: