Book Now

PERSONAL DETAIL

Salutation *

First Name *

Last Name *

Contact Number *

Email *

 

ACCOMODATION

Type of Room *

Arrival Date *

Departure Date *

Flexible Dates?

No. of Adults *

No. of Children

Children's Age

 

How did you hear about us?

Remarks

 

Menilik Semana Santa, Tradisi Paskah di Larantuka

Menilik Semana Santa, Tradisi Paskah di Larantuka

Prosesi Semana Santa (© CAPA Resort Maumere)

Tak hanya dikenal dengan panorama alam yang memesona, Pulau Flores juga memiliki wisata religi yang tak kalah menarik untuk disaksikan. Kereligiusan masyarakatnya membuat pulau yang terletak di bagian timur Indonesia ini dianugerahi tradisi-tradisi keagamaan yang terakulturasi. Semana Santa atau biasa disebut dengan Prosesi Jumat Agung merupakan salah satunya. Tradisi keagamaan yang biasa dilakukan umat Katolik ini sudah diwariskan sejak ratusan tahun silam. Bahkan sudah ada sejak zaman bangsa Portugis menginjakkan kaki di Pulau Flores.

semana-santa-1
Wisata Rohani selama satu pekan yang akan digelar beberapa ritual keagamaan yang sarat akan kekhidmatan di kota Larantuka, atau dikenal dengan julukan Kota Reinha Rosari yang dalam bahasa Portugis berarti Kota Ratu atau Kota Maria. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya!

Rabu Trewa

Dalam bahasa setempat, Rabu Abu disebut sebagai Rabu Trewa. Rabu Trewa ini diawali dengan prosesi berkumpulnya para umat di kapel atau gereja kecil. Di sana, umat melaksanakan ibadah dengan cara mengenang peristiwa pengkhianatan Yudas Iskariot yang menyebabkan ditangkapnya Yesus di Taman Getsemani.

Sejak pagi hari, pelaksanaan Rabu Trewa si Larantuka terasa khidmat. Pelaksanaan ibadah ini sudah sejak dahulu diatur secara baku oleh suku-suku yang ada. Suku-suku yang berperan penting dalam pelaksanaan Semana Santa di antaranya adalah suku Kabelen, Suku Lewai, Suku Raja Ama Koten (Diaz Viera Da Godinho), Suku Kea Alyandu, Suku Ama Kelen De Rosary, Suku Maran, Suku Sau Diaz, Suku Riberu Da Gomes, Suku Lamuri, Suku Mulowato, Suku Lewerang dan suku Kapitan Jentera.

Ketika malam hari tiba, suasana gaduh akan menyelimuti kota Larantuka. Suara dentuman drum dan seng terdengar di mana-mana. Ini mengingatkan umat akan gaduhnya peristiwa saat Yesus ditangkap dan diseret oleh para prajurit di Taman Getzemani.

Prosesi Semana Santa (© CAPA Resort Maumere)

Prosesi Semana Santa (© CAPA Resort Maumere)

Kamis Putih

Pada Kamis Putih, sepanjang rute berlangsungnya prosesi, sisi kanan dan kiri jalan di kota Larantuka akan dikelilingi dengan pagar lilin. Berbeda dengan malam Rabu Trewa, pada Kamis Putih suasana kota Larantuka akan berubah hening. Segala aktivitas dalam kota pun dihentikan. Tak hanya itu saja, upacara “Muda Tuan”, atau biasa dikenal dengan upacara pembukaan peti yang telah ditutup selama satu tahun akan menghiasi hari Kamis siang.

Dalam rangkaian prosesi ini, ada beberapa patung yang turut disucikan dan menjadi peran penting dalam prosesi ini. Patung-patung itu adalah Tuan Ma yang merupakan patung Bunda Maria dan Tuan Ana yang merupakan patung Yesus Kristus.

Jumat Agung

Jumat Agung merupakan puncak dari pelaksanaan Semana Santa. Mengapa demikian? Karena pada hari ini, prosesi arak-arakan mengelilingi kota Larantuka dilaksanakan. Dimulai dengan penyikasaan dan disusul dengan pemanggulan salib menuju Bukit Golgota, prosesi ini bertujuan untuk mengenang proses penyaliban Yesus Kristus.

Sabtu Suci

Pada Sabtu Suci, semua patung kembali diarak ke rumahnya masing-masing. Namun ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi dalam prosesi ini seperti patung kudus yang harus kembali ke kediamannya masing-masing sebelum patung Tuan Ma dan Tuan Ama serta patung Tuan Menino yang masih berada dalam perjalanan di selat Gonsalu. Setelah itu, semua umat mulai bersiap-siap mengikuti perayaan Ekaristi Malam Paskah sebagai sumber dan puncak iman.

Wisata religi ini memang sangat cocok untuk wisatawan yang ingin merayakan Jumat Agung dengan peziarah lain dari seluruh dunia. Namun akan lebih memikat jika setelah melakukannya, tubuh anda dimanja dengan fasilitas dari CAPA Resort Maumere. Batin tenang, hati senang, tubuh nyaman. Dengan Paket Wisata Rohani CAPA Resort Maumere, kamu bisa mendapatkan keseluruhan pengalamannya, dari mengikuti prosesi Semana Santa hingga menikmati istirahat nyaman di CAPA Resort Maumere (kln/it/nin)

Komentar anda: