Book Now

PERSONAL DETAIL

Salutation *

First Name *

Last Name *

Contact Number *

Email *

 

ACCOMODATION

Type of Room *

Arrival Date *

Departure Date *

Flexible Dates?

No. of Adults *

No. of Children

Children's Age

 

How did you hear about us?

Remarks

 

Mengenal Keunikan Gereja Sikka di Maumere

Mengenal Keunikan Gereja Sikka di Maumere

Nama Gereja Sikka begitu populer di Maumere, sehingga kurang lengkap apabila tidak mengunjunginya saat liburan ke sana (©CAPA Resort Maumere)

Megahnya panorama alam Sikka juga tergambar dalam bangunan-bangunan gerejanya yang megah dan kokoh. Gereja ini mendapatkan predikat tertua di Kota Sikka karena dibangun pada tahun 1899. Gereja yang melambangkan kebangkitan umat Katolik di Maumere ini berhasil menyita pandangan para wisatawan karena keunikan bangunannya.

Menurut cerita, gereja ini dirancang oleh seorang Pastor bernama Antonius Dijkman Sj yang juga merupakan perancang katedral di Jakarta. Pembangunan Gereja Tua Sikka tersebut terwujud karena bantuan dan dukungan dari Raja Sikka yang berkuasa saat itu, Yoseph Mbako Ximenes da Silva. Pembangunanannya pun membutuhkan waktu yang lama, sehingga menciptakan bangunan yang super megah dan unik. Apa saja yang membuat gereja ini begitu istimewa?

Arsitektur Bangunan Yang Unik
Gereja Tua Sikka memiliki arsitektur bangunan yang indah dan hampir semuanya menggunakan kayu-kayu berkualitas tinggi. Corak bangunan mencerminkan tradisi bangunan dari abad XVII-XIX. Bangunannya yang berdiri kokoh dan kuat membuat mata seolah tersihir dengan kemegahan gereja tua tersebut. Penduduk Sikka gemar menenun, hal ini juga tergambar pada dinding-dinding Gereja Tua ini. Lukisan kain tenun menghiasi dinding dan membuat corak arsitekturnya semakin menawan.

Nama Gereja Sikka begitu populer di Maumere, sehingga kurang lengkap apabila tidak mengunjunginya saat liburan ke sana (©CAPA Resort Maumere)

Nama Gereja Sikka begitu populer di Maumere, sehingga kurang lengkap apabila tidak mengunjunginya saat liburan ke sana (©CAPA Resort Maumere)

Tempat Bernyanyi Anak-Anak
Penduduk Sikka diketahui memang patuh terhadap agamanya. Bahkan hampir semua corak yang berbau Katolik menyertai kehidupan mereka. Di Gereja Tua ini, para orang tua menitipkan anaknya untuk menyanyikan lagu-lagu rohani yang mendamaikan jiwa. Kemegahan dan suasana nyaman dapat dirasakan kala melihat kemegahan bangunan ditambah dengan lantunan lagu dari anak-anak yang merdu hingga ke sudut-sudut gereja saat sore hari.

Jujukan Wisatawan Mancanegara
Keelokan dan kemegahan Gereja Tua Sikka menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin menikmati pesona keindahan Kota Maumere. Mereka selalu mengunjungi gereja tua ini sebagai wisata rohani. Tak hanya wisatawan lokal yang berasal dari Jawa saja yang datang ke sini, tetapi juga wisatawan mancanagera, seperti Australia hingga Amerika sangat mengagumi kemegahan dan keunikan bangunan Gereja Tua Sikka. Bahkan tak sedikit wisatawan yang larut dalam nyanyian Tuhan yang dilantunkan setiap harinya.

Menyimpan Prasasti Bersejarah
Tak hanya museum yang menyimpan prasasti bersejarah, bahkan gereja tua ini juga menyimpan prasasti yang bertuliskan nama seorang Pastor Belanda generasi awal di Kota Sikka bernama Le Cocq D’ Armandville Sj. Pada prasasti tersebut juga tertulis waktu peresmian Gereja Tua Sikka, yaitu tanggal 24 Desember 1899.
Keunikan Gereja Tua Sikka dapat dinikmati dengan mudah jika akses penginapan dekat dengan lokasi. CAPA Resort Maumere merupakan hotel yang memiliki akses dekat dengan tempat wisata apapun di Kota Maumere. Para wisatawan juga bisa memanjakan diri dengan fasilitas hotel yang super mewah, seperti bathub, dan aneka perawatan tubuh lainnya sambil menikmati pemandangan laut lepas dari balik jendela. Kolam renang luas, untuk saat-saat santai selama di Maumere, hingga kebersihan yang selalu terjaga. Time to get your room!

(kln/it/ind)

Komentar anda: